0
 Kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial.Yups Beatbox namanya. Apa itu beatbox?Beatbox adalah seni menirukan suara alat musik yang dihasilkan dari mulut pemain berabox (Beatboxer). Pada umumnya, beatbox cenderung menirukan suara alat musik pukul (Perkusi) seperti drum, gendang, dan lain-lain.

bagaimana cara agar bisa beatbox? dalam beatbox ada 3 suara basic, yaitu B (kick drum), T (hi-hat), dan K (snare). 3 huruf tersebut memiliki fungsi suara dan teknik pengucapan yang berbeda.

1. B (kick drum)
Untuk suara kick Drum itu kata dasar/huruf vocal'nya adalah B, saat  bilang huruf vocal B tersebut itu, teman teman harus  teken bibir  rapet-rapet dan  bilang BE atau BU pokoknya  cari feel yang enak sampe kedengaran suara Bass dari B teman teman,  coba ulang-ulang berkali-kali dan  latih terus menerus, soalnya kalo masih awal suaranya itu masih belom jadi atau masih belom kedengeran bass'nya, jadi harus di coba terus.

2. T (Hi Hat)
 cara'nya tuh gampang banget teman teman cuma bilang huruf T tapi pas teman teman bunyi'innya tuh kayak mau ngomong bahasa inggris jadi'nya Tci-Tci-Tci,.... nah kalo sudah bisa dengan lancar ngomong kata-kata itu berarti teman teman juga udah lancar buat bunyi'in Hi Hat tersebut, tinggal di lancarin juga sampe bunyinya tuh enak banget buat di gabungin sama beat-beat lain

3. K (snare)

 jujur sih sound ini emang agak susah buat di pelajarin tapi saya yakin teman teman semua pasti bakal bisa buat bunyi'in semua sound-sound di beatbox, nah caranya tuh kayak ngomong K terserah  mau di tarik apa di keluarin dua-dua'nya bisa kok, tapi  harus biasa'in di tarik soalnya Snare K yang bagus itu di tarik.
trus kalo cara di atas udah lumayan lancar atau bisa cara selanjutnya  tarik K'nya kayak orang sakit gigi, tarik dari kedua sela-sela gigi bagian kanan dan kiri  trus saat di tarik itu sambil di  kagetin tarikan'nya supaya suara hentakan dari Snare K teman teman bagus dan enak buat di denger, pokoknya  harus rutin-rutin coba dan pelajarin,  jangan ngeluh saat  belajar entah susah'lah atau ribet'lah teman teman nikmatin aja proses belajar dan latihannya, semua beatboxer-beatboxer jago awal mereka belajar juga ngalamin hal itu, tapi karna mereka punya tekad yang kuat buat belajar beatbox dan mereka usaha'in terus sampe bisa nguasa'in sound-sound di beatbox....


teman teman kan sudah bisa 3 suara tersebut, teman teman bisa langsung menggabungkan 3 suara tersebut dengan membunyikannnya sesuai dengan pattern sederhana ini:
1. B-T-K-T diulang ulang
2 .B-T-K-T-T-B-B-K diulang
teman teman bisa mencoba ke 2 pattern tersebut dari tempo yang pelan dan jika sudah mahir teman teman bisa memainkannya dengan tempo cepat. sering seringlah berlatih agar beatboxnya menjadi lebih bagus.

Terima kasih sudah membaca postingan saya.




Posting Komentar

 
Top